Social Icons

Pages

Selasa, 14 Januari 2014

makalah geografi teori lempeng tektonik dan hubungannya dengan alam di Indonesia


Makalah Geografi





Teori Lempeng Tektonik
dan
Hubungannya Dengan Bencana Alam di Indonesia

Nama Kelompok :
1.   Alif Rizki Ramadhan        (02)
2.   Btari Asa Sartana             (03)
3.   Heksa Budi Santoso         (09)
4.   Margaretha Geraldien     (13)
5.   Meiske Erdinarini            (16)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis makalah ini dapat menyelesaikan makalah dengan tema”Teori Lempeng TektonikdanHubungannya Dengan Bencana Alam di Indonesia”.
Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih kepada referensi-referensi yang menjadi bahan untuk membuat makalah ini,sehingga makalah ini dapat menajdi sumber terpercaya bagi pembacanya.
Penulis berharap,makalah ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh pembaca,sehingga makalah ini tidak menjadi sia-sia.
Walaupun penulis telah bekerja maksimal dalam membuat makalah ini,tetap saja makalah ini jauh dari kata sempurna.Untuk itu,kritik dan saran yang membangun dari para pembaca ini sangat diharapkan.
Akhir kata,selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tegal,14 Oktober 2013

Penyusun



DAFTAR ISI


Kata Pengantar                     .............................................................................................. 

Daftar Isi                                ...............................................................................................

BAB I PENDAHULUAN    ...............................................................................................
1.      Latar belakang          ...............................................................................................
2.      Rumusan Masalah    ...............................................................................................
3.      Tujuan                       ...............................................................................................

BAB II PEMBAHASAN
TEORI PERGERKAN
LEMPENG TEKTONIK    ...............................................................................................

BAB III KESIMPULAN
DAN SARAN                                    ...............................................................................................

DAFTAR PUSTAKA          ...............................................................................................








BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG

Indonesia adalah negara yang terletak di kawasan pertemuan 3 lempeng besar dunia yaitu lempeng Eurasia di utara, Pasifik dibarat dan Indo-Australia di selatan. Hal inilah yang menyebabkan indonesia sering mengalami gempa bumi dan tsunami. Dari bencana tersebut,banyak sekali kerugian-kerugian yang timbul,seperti korban jiwa dan kehilangan harta benda yang tidak sedikit.
Berbicara mengenai lempeng tektonik,banyak sekali akibat yang ditimbulkan oleh aktivitas lempeng tektonik. Banyak teori-teori yang mempelajari tentang pergerakan lempeng-lempeng tektonik.Teori-teori pergerakan lempeng tektonik  ini menjadi landasan yang akan menunjukkan arah kepada penulis makalah dalam menentukan masalah apa yang akan diteliti dan dicari solusinya.


B.   RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana terjadinya Gempa Bumi di Mentawai tahun 2009?
2.      Apakah penyebab dari Gempa Bumi di Mentawai tahun2009?
3.      Bagaimana hubungan antara penyebab Gempa Bumi di Mentawai dengan Teori Lempeng Tektonik?
C.   TUJUAN

Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah pengetahuan teori peregerakan lempeng tektonikbagi peserta didik pada umumnya dan bagi penulis makalah ini pada khususnya sehingga kita dapat mengantisipasi jika terjadi bencana yang disebabkan oleh lempeng tektonik.



BAB II
PEMBAHASAN TEORI PERGERAKAN LEMPENG TEKTONIK
           
Gempa bumi adalah suatu bencana ditandai dengan bergetarnya permukaan bumi secara tiba-tiba sebagai akibat dari gelombang seismik terhadap lapisan-lapisan batuan(litosfer). Salah satu akibat dari gempa bumi adalah pergeseran lempeng tektonik.Banyak bencana-bencana di Indonesia yang disebabkan karena pergeseran lempeng tektonik,salah satunya adalah Gempa Bumi di Mentawai tahun 2009.
Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 2009 dengan kekuatan 6,9 SR ini berada pada koordinat 1.640 LS dan 99.220 BT dan pada kedalaman 32 km berada di darat, di Pulau Siberut bagian selatan, Provinsi Sumatra Barat.padahal jika diteliti lagi,Kepulauan Mentawai dan Provinsi Sumatera Barat yang merupakan daerah terdekat dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan sedimen yang berumur Tersier dan batuan vulkanik dan aluvium berumur Kuarter. Batu teraebut memiliki sifat lepas,urai,belum terkompaksi dengan baik dan bersifat memperkuat efek goncangan gempa bumi.Menurut data dari Pos PGA Marapi di Bukittinggi,Pos PGA Talang, dan Pos PGA Tandikat di Solok dapat diinformasikan bahwa gempa bumi terjadi terus menerus dengan intensitas maksimum IV MMI dengan amplituda yang melebihi skala (overscale)dan lamanya 272 detik.
Berdasarkan dari penelitian di tempat, Mentawai merupakan daerah yang rawan bencana Gempa Bumi karena terdapat suatu sesar yang disebut Sesar Mentawai. Sesar ini terletak di sebelah timur Mentawai. Selain itu,di Mentawai terdapat sesar mendatar. Sesar Mentawai ini bergesekan dengan Sesar mendatar menganan.Inilah yang menjadi penyebab terjadinya Gempa Bumi di Mentawai tahun 2009.
Sesar Mendatar merupakan salah satu bagian dari Teori Lempeng Tektonik.Sesar Mendatar adalah gerakan saling bergesekan antar lempeng tektonik. Sesar mendatar merupakan perkembangan pada batas transform.Sesar mendatar juga merupakan pergerakan strike-slip yang terjadi akibat adanya pelepasan tegasan secara lateral pada arah sumbu tegasan normal terkecil dan terdapat pemendekan pada arah sumbu tegasan normal terbesar. Sesar mendatar ini terdapat di kerak benua dimana selama pergerakannya menghasilkan slip dan separation dengan arah yang sama. Geometri sesar yang berkembang pada rezim tektonik ini terbagi menjadi :
1)      Transform Faults
2)      Transcurrent Faults
3)      Tear Faults
Posisi tegasan utama pembentuk sesar ini adalah horizontal, sama dengan posisi tegasan minimumnya, sedangkan posisi tegasan menengah adalah vertikal. Berdasarkan arah gerakannya,sesar mendatar dapat dibagi menjadi dua,yaitu Sesar Mengiri dan Sesar Menganan.Jika kita berdiri didepan blok sesar dan blok sesar tersebut bergerak kearah kiri,maka dinamakan Sesar Mengiri dan sebaliknya,jika kita berdiri didepan blok sesar dan sesar teresebut bergerak kearah kanan maka disebut Sesar Menganan.Sesar dapat mengakibatkan Gempa Bumi.Terkadang juga gempa bumi yang dihasilkan dari Sesar Mendatar ini dapat menimbulkan tsunami.Namun,daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang paling tinggi adalah daerah yang menjadi tempat bergesekannya sesar mendatar atu disebut Zona Sesar Mendatar (Zone Transform).



BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.   KESIMPULAN

Berdasarkan dari makalah diatas,dapat disimpulkan bahwa aktivitasSesar mendatardapat menimbulkan gempa bumi,bahkan tsunami yang dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tak sedikit jumlahnya. Seperti yang terjadi di Mentawai,gempa bumi ini terjadi akibat dari gesekan antara sesar mendatar menganan dengan sesar Mentawai yang berada di sebelah timur Mentawai.Sehingga,Mentawai merupakan salah satu Zona Sesar mendatar (Zone Transform).

B.   SARAN

Setelah mengetahui akibat dari ditimbulkannya sesar mendatar,diharapkan masyarakat dapat berhati-hati dan mengantisipasi bencana-bencana yang terjadi akibat dari aktivitas sesar mendatar,khususnya masyarakat yang berada di Zona Sesar Mendatar (Zone Transform).



DAFTAR PUSTAKA
Book Reference :
Somantri,Lili.,Nurul Huda.2013.Geography 1.Bandung:Grafindo Media Pratama.

Website Reference :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates